Kabel Fiber Optik

Ada beberapa istilah mengenai CPE yang berkaitan dengan fiber optik yang perlu kita ketahui. 
  1. Premises Adalah rumah tinggal atau tempat usaha, baik hunian satu unit maupun hunian multi-unit seperti apartemen dihitung sebagai satu tempat.
  2. Home Passed Adalah jumlah potensi rumah atau bangunan dimana operator telekomunikasi memiliki kemampuan untuk menghubungkan alat produksi di daerah layanan tersebut. Di dalam definisi ini tidak termasuk tempat hunian dimana lokasinya tersebut tidak terhubungkan dan atau pada jarak tertentu tanpa instalasi lebih lanjut dari kabel tertanam secara substansial seperti feeder dan kabel distribusi (fiber) untuk mencapai daerah di mana pelanggan baru yang memiliki potensi itu berada.
  3. Homes Connected Adalah jaringan yang terhubung dalam beberapa jumlah rumah atau bangunan yang terhubung sampai dengan titik pelanggan baik metode jaringan FTTH / FTTB.
  4. Subscriber Adalah rumah atau bangunan yang terhubung ke jaringan FTTH/B dan menggunakan setidaknya satu layanan koneksi ini dan didukung dengan kontrak komersial
Jenis-jenis kabel yang ada di perangkat terminal pelanggan sudah mulai bergeser dari yang tadinya berbasiskan kabel tembaga menjadi kabel fiber optik. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap jenis perangkat maupun alat sambung yang digunakan dalam instalasi perangkat di pelanggan. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai jenis kabel di perangkat terminal pelanggan, kita harus mengetahui terlebih dahulu konfigurasi jaringan yang saat ini mulai digunakan oleh PT Telkom yang berbasiskan fiber.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Bilangan

1. Code Of Conduct (COC)

ODP Closure